10 Hal yang Harus Selalu Diterapkan Oleh Pria Gentleman

Seorang pria gentleman selalu tahu bagaimana ia seharusnya bersikap dan bertindak dalam setiap situasi. Dan belum tentu semua pria itu adalah seorang pria yang gentleman.

Di era sekarang ini, ‘gentleman’ mengandung banyak sekali makna, tergantung bagaimana Anda mendefinisikannya. Terkadang diartikan sebagai pria yang tahu bagaimana memperlakukan wanita dengan baik, pria yang bergaya formal, dan sebagainya.

Terlepas dari itu, Anda adalah seorang pria gentleman jika Anda kerap menerapkan 10 hal penting ini dalam keseharian dan rutinitas Anda.

10 Hal yang Harus Selalu Diterapkan Oleh Pria Gentleman

1. Selalu Menjaga Kebersihan dan Kerapian

menjadi seorang gentleman

Aturan pertama bagi setiap pria yang ingin menjadi seorang pria gentleman adalah selalu menjaga kebersihan dan kerapian. Sering terdengar ungkapan bahwa kita seharusnya bersiap-siap dan bergaya seperti ketika ingin menemui pujaan hati kapan pun.

Inilah satu keharusan dasar yang perlu Anda ketahui. Jadi, ayolah, jaga kebersihan dan kerapian mulai dari sekarang juga.

Mandi paling tidak sehari sekali bukanlah sebuah pilihan opsional, melainkan keharusan. Rajin mandi bukan hanya akan membuat Anda menjadi lebih harum dan kelihatan lebih bersih, tapi juga akan meningkatkan rasa percaya diri Anda.

Begitu pun dengan selalu tampil rapi di hadapan publik. Wanita cenderung melirik pria yang tahu bagaimana bergaya dan menjaga kerapiannya, karena selalu terlihat gagah di mata mereka.

2. Selalu Bersikap Baik dan Sopan

Sikap juga menandakan bahwa Anda seorang pria sejati atau tidak. Pria memang identik dengan kata ‘kasar’, namun Anda bisa mengubah stereotype ini paling tidak pandangan umum terhadap diri Anda sebagai seorang pria.

Berbicara sopan dengan menggunakan bahasa yang sopan pula akan membuat orang-orang di sekitar Anda menjadi lebih nyaman dengan kehadiran Anda. Ini juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan teman baru yang akan selalu membantu Anda jika dibutuhkan.

Selalulah menerapkan hal ini agar bisa menjadi kebiasaan di mana pun Anda berada nantinya dan apapun yang Anda perbuat.

3. Selalu Tepat Waktu

Tidak ada hal sesuatu yang baik di dalam keterlambatan. Terlambat bukanlah suatu pilihan, dan Anda jangan pernah melakukannya. Selalulah tepat waktu di berbagai momen yang melibatkan Anda.

Jika Anda terlambat, bayangkan apa saja hal penting yang Anda lewatkan selama Anda terlambat? Hargai juga waktu orang lain jika Anda sudah berjanji untuk mengadakan pertemuan dengannya. Datang lebih cepat justru lebih baik lagi.

Datanglah 10 hingga 15 menit sebelum waktu yang telah ditentukan. Siapkan koran atau musik favorit di ponsel Anda sembari menunggu agar Anda tidak bosan.

4. Hindari Makian dan Sumpahan

Anda tidak perlu bersumpah jika apa yang Anda katakan memang benar adanya. Dan Anda juga tidak perlu berbohong. Hindari juga kata-kata maupun kalimat makian dan hinaan dalam pembicaraan Anda dengan orang lain, bahkan teman sekalipun.

Ingat, Anda di sini sedang belajar menjadi seorang pria gentleman yang baik. Ini adalah dua sisi penting sebagai seorang pria yang akan Anda dapatkan jika selalu menerapkannya.

5. Berpakaian Sesuai Dengan Gaya dan Karakteristik

pria gentleman

Anda tidak perlu mengikut tren fashion jika memang tidak cocok dengan gaya dan karakteristik Anda. Mengikut tren jika memang tidak cocok dengan diri Anda justru membuat Anda terlihat menyedihkan.

Gunakan kemeja demi kerapian, dan gunakanlah mode dan warna yang cocok dengan selera style Anda. Setiap orang punya ukuran tubuh yang berbeda, jadi jangan lupa juga untuk menyesuaikan pakaian dengan tubuh Anda.

Kembangkan gaya Anda menjadi personal style yang mampu mewakili karakteristik Anda sebagai seorang pria. Dan orang-orang di sekitar Anda cepat atau lambat akan mengagumi Anda sebagai seseorang yang independen soal style, bahkan Anda juga bisa menjadi seorang trendsetter di kemudian hari.

6. Terkontrol

Tahu mengontrol diri di segala situasi membuat Anda terlihat lebih menarik dari sudut pandang manapun. Memang, apapun yang terjadi di dunia ini tidak bisa Anda atur sesuka hati, namun Anda bisa mengontrol reaksi Anda terhadap apapun yang terjadi di dunia ini.

Tahu kan semboyan “Keep Calm . . . ” ? Bukan hanya sekedar semboyan yang kerap muncul di meme, namun ini pegangan teguh agar seharusnya setiap orang bisa mengontrol diri dari segala situasi.

Ada kalanya Anda mendadak emosi ketika terjadi kemacetan di jalan dan pengendara di sekitar Anda membuat sesuatu yang justru menghalang-halangi Anda sehingga semakin terjebak dalam kemacetan tersebut. Dan bagaimana Anda mengontrol diri terhadap situasi ini akan membentuk karakteristik Anda sebagai seorang pria gentleman.

7. Hargai Orang Lain

Be a Gentleman Menjadi Pria Gentleman Bagi Pria Modern - 5

via GEN20

Jika Anda ingin orang lain menghargai Anda, lakukan hal yang sama terhadap orang lain. Ini bukan hanya suatu aturan yang sengaja dihadirkan untuk membuat the world to be a better place. Ini hukum mutlak, meski kebanyakan orang sekarang ini mengabaikannya begitu saja.

Hargai orang lain atas hasil jeri payahnya meskipun Anda rasa masih kurang baik hasilnya. Hargai orang lain yang membantu Anda. Harga orang lain yang datang tepat waktu pada janji yang telah Anda sepakati. Menghargai orang lain dengan segala bentuk akan membuat Anda semakin dihargai dan dihormati.

Being male is a matter of birth. Being a man is a matter of age. But being a gentleman is a matter of choice.Vin Diesel

8. Penuh Perhatian dan Pertimbangan

Ketika berkencan dengan gebetan Anda, apakah Anda hanya bercerita tentang kehebatan Anda? Terlalu banyak mengobrol sehingga lupa menanyakan bahwa ia lapar atau tidak, sadar atau tidak pasti ini kerap dilakukan oleh pria manapun.

Selalulah bersikap penuh perhatian kepada apapun yang ada di sekitar Anda. Tanyakan kepada rekan kerja Anda, apakah ia butuh kopi? Atau sekedar menawarkan tumpangan bagi teman yang rumahnya searah dengan Anda jika Anda memang memiliki kendaraan pribadi.

Mulailah memperhatikan hal-hal kecil seperti itu dari sekarang, karena Anda tidak tahu bahwa perhatian kecil dari Anda tersebut merupakan bantuan besar bagi orang lain di sekitar Anda.

Juga, selalulah penuh pertimbangan ketika hendak melakukan sesuatu. Cari tahu informasi sebanyak-banyaknya, pikirkan risiko, dan buat keputusan berdasarkan pertimbangan Anda. Percayalah, ini merupakan sesuatu yang sangat esensial meskipun belum Anda sadari.

9. Ramah dan Baik Hati

Orang ramah dan baik semakin dibutuhkan di dunia yang anarkis ini. Pada dasarnya setiap orang itu baik, benar? Dan memang Anda tidak perlu alasan untuk melakukan hal-hal baik.

Bersikap ramah kepada waiter di kafe langganan Anda bisa menjadi jalan pembuka. Minta menu dengan sopan, ucapkan terima kasih ketika ia mengantar makanan Anda, dan ucapkan pula terima kasih ketika membayar. Ini bisa menjadi kebiasaan jika Anda rutin melakukannya.

Dan pria yang baik hati selalu menarik bagi wanita dan bagi siapapun. Anda tidak perlu alasannya karena setiap orang memang pantas mendapatkan kebaikan dari diri Anda.

10. Jadilah Versi Terbaik dari Diri Anda Sendiri

Jadilah versi terbaik dari diri Anda sendiri setiap kali Anda punya kesempatan, dan Anda selalu memiliki kesempatan itu. Maka dari itu, jadilah versi terbaik dari diri Anda sendiri kapan pun dan di mana pun, di segala situasi.

Tidak ada sesuatu yang sempurna, maka dari itu, yang  terbaik sudah cukup. Seorang pria gentleman sejati tahu kekurangan dan kelemahannya, dan tahu bagaimana ia bisa menggantikan kekurangannya dengan sesuatu yang lebih baik lagi.

Dengan begitu perlahan Anda akan bertransformasi dari pria biasa-biasa saja menjadi seorang pria gentleman sejati yang selalu mendapat nilai plus di mata setiap orang, terutama wanita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *